Selasa, 22 Agustus 2023

Silabus Ips Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2020 8 Kolom

Silabus IPS kelas 9 Kurikulum 2013 revisi 2020 merupakan panduan untuk mempersiapkan pengajaran dan pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bagi siswa kelas 9. Silabus ini disusun berdasarkan delapan kolom yang meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, materi pokok, pembelajaran, penilaian, waktu, dan sumber belajar.

Standar kompetensi pada silabus IPS kelas 9 Kurikulum 2013 revisi 2020 mencakup lima bidang studi, yaitu Geografi, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, dan Antropologi. Setiap bidang studi memiliki standar kompetensi yang berbeda sesuai dengan fokus dan tujuan pembelajaran pada bidang studi tersebut.

Kompetensi dasar pada silabus IPS kelas 9 Kurikulum 2013 revisi 2020 menjelaskan kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam setiap bidang studi. Contohnya, pada bidang studi Sejarah, kompetensi dasar mencakup kemampuan memahami perubahan sosial, politik, ekonomi, dan budaya di berbagai periode sejarah. Sedangkan pada bidang studi Geografi, kompetensi dasar mencakup kemampuan memahami interaksi antara manusia dan lingkungan.

Indikator pencapaian kompetensi pada silabus IPS kelas 9 Kurikulum 2013 revisi 2020 merupakan penjabaran lebih lanjut dari kompetensi dasar. Indikator ini membantu guru dan siswa dalam mengevaluasi pencapaian kompetensi pada setiap bidang studi. Contohnya, pada bidang studi Sosiologi, indikator pencapaian kompetensi mencakup kemampuan memahami hubungan sosial dalam masyarakat dan memahami peran agen sosialisasi.

Materi pokok pada silabus IPS kelas 9 Kurikulum 2013 revisi 2020 terdiri dari beberapa sub-bab yang disesuaikan dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Contohnya, pada bidang studi Ekonomi, materi pokok mencakup konsep produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa.

Pembelajaran pada silabus IPS kelas 9 Kurikulum 2013 revisi 2020 mencakup strategi pembelajaran dan metode yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pokok yang diajarkan. Pembelajaran juga harus melibatkan kegiatan praktikum, diskusi kelompok, dan tugas individu atau kelompok.

Penilaian pada silabus IPS kelas 9 Kurikulum 2013 revisi 2020 mencakup teknik dan alat penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Penilaian harus mencakup penilaian formatif dan sumatif serta berbasis kriteria yang jelas.

Waktu pada silabus IPS kelas 9 Kurikulum 2013 revisi 2020 mencakup estimasi waktu yang dibutuhkan untuk setiap sub-bab materi pokok dan kegiatan pembelajaran.

Sumber belajar pada sil